Minggu, 25 Agustus 2024

Wanita Butuh Dukungan Saat Menstruasi

Para wanita, kalian kalau haid harus mengalami rasa sakit dulu gak sih? Mulai dari Pra-Menstrual Syndrome, saat darah menstruasi keluar, hingga Pasca Menstruasi. Rasanya seperti wonder woman.

Aku termasuk wanita yang merasakan semua! High five kalau kamu juga! :')

Sebelum haid, tanda-tanda yang paling sering kurasakan adalah badan pegal, lemas, dan mudah mengantuk. Saat tanda ini muncul, aku sudah paham bahwa dalam waktu dekat jadwal menstruasiku akan datang.

2 hari pertama menstruasi adalah hal yang melelahkan bagiku. Pinggangku pegal, perutku mulas seperti ingin BAB. Aku bisa bolak-balik toilet tiap 25 menit sekali karena tidak bisa membedakan mulas dan kram perut akibat haid.

Lalu pasca menstruasi itu selesai, aku berubah menjadi si rakus yang menginginkan semua jenis makanan. Gurih, pedas, manis, aku mau semua! Mata dan perutku terus menerus lapar.

Aku nggak mengeluh sih, eh, paling hanya meringis aja sih tiap kesakitan. Jarang minum obat karens ingin menguji diri, sebatas mana aku bisa menoleransi rasa sakit bulan ini. Hahaha, kalian gitu juga gak sih?

Namun ada 1 hal yang aku sadari setelah menikah, aku memiliki suami yang pengertian.

Beliau adalah orang yang mau memahami betapa sakitnya menstruasi dan betapa lemasnya aku di dua hari pertama menstruasi.

Ini nggak terjadi begitu saja, aku harus melalui tahun-tahun pertama pacaran dengan mengomel karena beliau tidak tau apa yang harus dilakukan saat itu. Ibunya tidak merasakan sakit haid sepertiku dan sahabat perempuannya (mungkin) tidak separah aku.

Aku memberinya informasi tentang pertolongan menstruadi hari pertama di luar rumah bersamanya. Mulak dari membeli pembalut, hingga menyediakan air hangat untuk kompres dan minum.

Awalnya pacarku (sekarang suamiku) sedikit panik, tapi kini ia mulai paham pertolongan pertama. Aku bangga dan bersyukur.

Beberapa hari yang lalu aku pun merepotkannya dengan beragam permintaan, walau sambil mengomel tetap dilakukan, hehe.

Sejujurnya, aku sangat bersyukur memiliki pasangan yang bisa diandalkan dan mau mendengarkan.💖

0 komentar:

Posting Komentar