Minggu, 11 Agustus 2024

Prasangka Tentang Kematian

Pernah gak sih kamu berpikir hidup setelah kematian?

Beberapa tahun ini, lebih tepatnya setelah menginjak usia 20 tahun, tiba-tiba aku terbayangkan sebuah realita. umur 40 tahun nanti dan saat aku dilahirkan dulu, hanya terpaut 20 tahun dari umurku sekarang.

Tua dan mudaku memiliki jarak yang sama, dengan rasa yang berbeda. Masa muda aku lalui dengan senang hati, sedangkan masa tua aku lalui dengan kekhawatiran.

Aku tidak takut menjadi tua, tapi aku takut akan kematian. Walau tak selalu mati dan tua adalah dua hal yang berhubungan.

Bukan, aku bukan takut mati. Tapi ketakutanku adalah.. bagaimana hidupku setelah mati?

Terlalu banyak pertanyaan dalam otakku yang membuatku takut. Bahkan ketakutan ini membuatku terjaga hampir setiap malam. Aku bisa gemetar dan memangis karena pikiranku sendiri, dan baru bisa tertidur setelah mendengar murotal atau saat telepon dengan pacarku (sebelum kami menikah).

Mungkin jika dijabarkan, ini adalah beberapa pertanyaan tentang kematian dalam pikiranku yang membuatku takut..


Jika aku meninggal, bagaimana orang-orang sekitarku akan terus berjalan? Bagaimana aku saat dikafani? Bagaimana aku setelah dikebumikan?

Apakah aku sadar kalau aku sudah meninggalkan dunia? Apakah aku sadar kalau waktuku sudah habis untuk beribadah kepada-Nya?

Apakah aku sadar kalau dosaku masih terlalu banyak untuk diampuni?

Lalu setelah itu, siapa yang bisa aku temui di sana?

Akankah rutinitasnya akan sama dengan kehidupan duniaku?

Mungkinkah rasa takutku sama seperti apa yang aku rasakan di dunia?


Ada begitu banyak pertanyaan yang ada di kepalaku. Kadang kala aku sampai menangis ketakutan saat membayangkannya.

Apakah ini hal aneh? Atau semua makhluk bernyawa merasakan ketakutan ini?

Aku bersyukur ketakutan ini mulai berkurang sekarang. Namun tetap saja, menulis ini pun rasanya dadaku berdebar kencang. Aku ketakutan.

0 komentar:

Posting Komentar