Kamis, 08 Agustus 2024

Perihal Gue, Saya, dan Aku

 Dilihat dari tulisan yang aku buat di blog ini, awal-awal buat aku selalu membahasan diri dengan "gue" sebagai panggilan atas diri sendiri. Lalu lambat laun, berubah menjadi "aku" yang sempat bertahan beberapa lama. Dan di beberapa postingan berubah lagi menjadi "saya". Dan sekarang kembali menyebut diri sendiri dengan kata aku. Kata-kata yang paling aman dan nyaman sih setelah mencoba berbagai kata sebutan diri.

Alasan aku ganti-ganti penyebutan diri ini salah satunya karena membaca tulisan blogger lain yang terlihat enak dibaca dengan gaya mereka. Tapi pada akhirnya kembali ke "aku" karena panggilan diri sehari-hari seperti itu.

Awal menggunakan kata "gue" itu adalah SMP. Waktu pertama kali buat blog ini. Dan emang sering menyebut diri sendiri dengan kata gue saat berbicara dengan teman-teman sebaya. Tapi entah kenapa, penulisan gue di tulisanku terkesan sok asik dan nggak cocok dibaca. Akhirnya diganti dengan pengucapan aku.

Lumayan nyaman dengan panggilan aku terhadap diri sendiri. Lalu setelah baca tulisan orang lain, kata saya terlihat lebih dewasa dan tegas. Hingga memicuku untul menulis dengan kata saya juga sebagai panggilan diri. Awalnya enak banget bikin tulisan dengan sudut pandang menggunakan kata saya. Tapi kok kesannya nggak ramah ya di aku? Terlalu superior saat dibaca.

Akhirnya kembali dengan penulisan orang pertama sebagai aku. Dan lebih nyaman. Walaupun jadi terkesan feminin dan ramah. Kadang kali, aku juga merasa tulisanku terkedan manja dan centil. Hahaha. Efek sebutan orang pertama dalam sebuah tulisan itu emang besar banget ya. Padahal aku baca tulisan temanku yang bahasanya pakaƬ Lo-Gue atau Saya-Kamu biasa aja. Tapi pas aku yang pakai kok nggak cocok sih. Hahaha.

Sekali lagi, emang sehari-hari memgenalkan diri dengan kata "aku-kamu" sih ya. Dan emang nggak bisa panggil orang yang baru dikenal dengan gue-lo. Entah kenapa lupa caranya. Apalagi ke org yang lebih tua, mereka gue-elo, sedangkan aku tetap membahasan diri dengan aku-kakak/abang. Hahahaha.


Kalau kalian, lebih suka panggil diri dengan kata aku, saya atau gue nih?

0 komentar:

Posting Komentar