Senin, 14 Januari 2019

Sini Kuberitahu Sebentar

Suatu waktu, aku pernah mengalami pikiran negatif. Seluruh pikiranku hanya diisi oleh kecemasan dan ketakutan.

Jantungku berdebar. Nafasku terengah-engah. Aku ketakutan. Seperti kehabisan waktu.

Tapi apa yang aku takutkan?


Aku takut akan kehidupan setelah kematianku dan orang-orang terdekatku. Bagaimana interaksiku dengan mereka saat aku tiada nanti?

Bagaimana hal-hal yang kutinggalkan saat aku tiada?

Bagaimana aku melanjutkan hidupku nanti?

Apa aku masih bisa melihat mereka lagi?

Apa aku bisa menemukan teman?

Berapa lama aku harus menunggu?

Dan pertanyaan lain yang tidak aku ingat. Terngiang-ngiang di pikiran. Selalu berkelibat saat aku tiba-tiba ingat.

Lalu bagaimana aku menghalaunya?

Tidak tahu. Aku tidak tahu cara pastinya. Tapi aku ebih sering ber-Istighfar saat kecemasan tentang itu muncul.

Bershalawat, dan berusahan memejamkan mata. Tidur. Aku tidak mau terjaga.

Aku juga berusaha mengerti tentang hidup sesudah mati. Lebih banyak membaca, dan membaca. Bertanya dan berdiskusi.

Tidak ada yang paham dirimu selain kamu sendiri.

Kamu juga yang paling tahu dan harus berusaha mencari tahu bagaimana caranya agar berhenti.


0 komentar:

Posting Komentar