Kamis, 10 Januari 2019

Interview di PT Wiratama Kreasi Komputindo (WKK)

Assalamu'alaikum! Hallo!

Beberapa waktu lalu, aku sempat dapat undangan wawancara melalui email dari PT. WKK. Aku sempat bingung, karena nggak merasa melamar ke perusahaan itu, kenapa tiba-tiba ada undangan wawancara. Eh setelah aku baca dan cek salah satu portal job online, ternyata aku melamar ke PT. Wiratama Kreasi Komputindo, yang lebih dikenal dengan PT. WKK.

sengaja aku sensor
karena email itu rahasia :p
Hayo, sebelum ketemu blog ini kalian pasti baca thread di Kaskus yang isinya kurang mengenakan di perusahaan tersebut kan? Jangan suudzhon dulu! Perusahaan itu benar ada dan nggak dipungut biaya apapun waktu interview kok. Kalian bisa baca website perusahaan di www.wkk.co.id untuk tahu lebih jelas tentang perusahaan ini.

Awalnya aku juga sempat ragu mau ke sana, ya karena baca review di kaskus itu. Selain itu, setelah aku cek melalui aplikasi Trafi, ternyata jaraknya jauh banget dari rumahku. Kurang lebih dua jam perjalanan memakai Transjakarta. Tapi karena baca review itu juga, aku malah penasaran. Masa bohong sih?

Akhirnya aku balas emailnya menyatakan kalau aku akan datang untuk wawancara. Aku nggak tahu sih harus balas atau nggak, tapi akhirnya aku balas dan berterima kasih.

Pada tanggal yang ditentukan, aku berangkat dari rumah pukul 7.35 naik transjakarta menuju Monas lalu transit ke Kota (koridor 1), lalu transit lagi menggunakan koridor 12, turun di halte Kemayoran Landas Pacu. Dari halte itu, aku naik Gojek ke Tower Fontana, kira-kira hanya sekitar 5 menit kalau naik Gojek. Sampai di sana pukul 9.45 dan sudah lumayan banyak yang datang.

Bisa dibilang kantor mereka terletak di apartemen. Karena di apit oleh apartemen juga. Oiya, jangan lupa bawa KTP asli! Di sana harus tukar identitas dengan ID Card soalnya. Kurang lebih lima belas menit menunggu, kami dijemput oleh salah satu staff PT. WKK dan diminta untuk mengisi absen. Berdasarkan absen pelamar hari itu, kami dibagi dua sesi dan aku masuk sesi kedua. Yaudah, aku duduk-duduk cantik dulu di lobby Towernya sambil ngobrol dengan pelamar lain.

Beberapa menit kemudia kami diminta ikut ke lantai 23. Ternyata karena ruangan yang cukup untuk pelamar, kami diminta bergabung juga. Setelah pengenalan perusahaan, kami diminta mengumpulkan CV, surat lamaran dan data pribadi pelamar (lampiran melalui email).

Setelah pengumpulan CV itulah tes kami dimulai. Tahap pertama, diminta menghitung intensif penjualan. Aku nggak tahu cara menghitungnya, jadi aku isi semampunya aku aja deh :( Lalu tes kepribadian (disc psikotes), jangan lupa isi sesuai diri kamu ya!

Lalu tahap dua, tes mengetik cepat. Tes ini penting banget kata mereka buat mengukur seberapa cekatan kita dalam mengetik dokumen. Lumayan, hasilku baik. Bukan karena latihan, tapi berkat nulis blog XD

Setelah dua tes tersebut, kami dipersilakan istirahat dahulu selama satu jam. Aku memilih untuk turun ke lobby lagi dan cari kantin. Tapi nggak ketemu :( Aku nggak tau kantinnya di mana :( Akhirnya aku sama pelamar lain duduk di lobby luar sambil ngobrol. Untungnya aku bawa air minum, jadi nggak haus deh :'D

Jam 1 siang, kami balik ke ruang tadi. Lalu masuk ke tes terakhir, yaitu wawancara. Aku kebagian diwawancarai oleh staf laki-laki dan urutan (hampir) terakhir. Jadi deg-degannya berasa banget, euy! Soalnya keburu dengar cerita pelamar lain. Hahaha.

Apa aja materi yang diwawancara? Pokoknya tentang diri kamu dan kenapa mau masuk perusahaan itu deh. Aku nggak mau kasih detil banget, rahasia perusahaan loh! :p Dan jawabannya akan diinfo maksimal satu bulan dari interview. Lumayan lama ya, gumamku di sana waktu itu.

Ah iya, di wawancara ini aku jadi sadar kalau aku belum ada persiapan sama sekali. Karena sudah lama banget aku nggak wawancara, jadi agak terbata. (Pelajaran selanjutnya, akhirnya sekarang aku persiapkan lebih matang lagi untuk wawancara langsung begini).

Setelah wawancara, pelamar dibolehkan untuk langsung pulang. Waktu ke luar gedung, ternyata cuacanya mendung banget. Aku buru-buru pesan gojek dan pamit pada teman yang aku kenal di sana. Sampai halte TJ, gerimis mulai turun. Alhamdulillah nggak kehujanan :D

Ah iya, transjakarta di sini lumayan sedikit armadanya. Aku menunggu cukup lama, kurang lebih setengah jam dan baru Transjakarta yang lewat menuju Kota dan penuh banget! Tapi untungnya, dari Kota sampai rumahku, aku naik TJ yang sepi jadi bisa meluruskan kaki. Hehehe.

Gitu deh ceritaku wawancara di PT. WKK. Kalau kalian menemukan tulisan ini, aku yakin kalian dapat undangan wawancara dan sedang galau mau datang atau nggak. Datang aja! Perusahaannya bukan penipuan kok, dan nggak diminta bayaran apapun!

Semoga lancar wawancaranya! Cheers!♥
Lokasi: The Mansion Bougenville Office Building Tower Fontana Lt.23, Jl. Trembesi, Pademangan Timur, Pademangan, Kota Tua, Pademangan Tim., Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar