Minggu, 16 Februari 2020

Changed

Kata orang, perubahan itu perlu. Untuk bertumbuh, untuk menjadi lebih baik, untuk berkembang. Kata orang juga, perubahan itu memang melelahkan, tidak terbiasa, kerja keras.

Aku setuju. Sangat setuju bahkan.

Menyakitkan rasanya melihat perubahan dan merasakan perubahan itu sendiri. Apalagi jika yang berubah adalah kebiasaan, entah sifat ataupun perbuatan, atau orang-orang. Dari sering menjadi jarang, dari dekat menjadi renggang, dari akrab menjadi asing. Menyedihkan ya?

Sebenarnya siapa yang berubah? Atau apa yang berubah? Kenapa bisa berubah?

Apa waktu bisa mengubah orang? Atau kecewa yang mengubahnya? Hmm, atau juga perubahan itu terjadi karena pendewasaan?

Saat sesuatu berubah, apa yang harus kita lakukan? Apa harus ikut berubah mengikuti arus? Apa tetap bertahan untuk tidak mengubah suatu hal apapun?

Manusia makhluk fleksibel, katanya. Bisa mengikuti arus sambil tetap berpegang pada prinsipnya, apakah itu berarti munafik? Berubah sesuai lingkungan, maksudku beradaptasi. Ah, bukankah adaptasi termasuk perubahan yang baik? Menyesuaikan diri agar bisa bertahan.

Perubahan memang tak selalu baik, tapi hidup salah satunya adalah tentang berubah, kan? Entah menuju hal baru atau ke arah yang sama dengan cara yang baru.

Semoga aku dan kamu juga ikut berubah, menjadi lebih baik. Terutama untuk kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar